Khat adalah Seni Arsitektur Ruhani

Bagikan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Secara bahasa, “Khat” (خط) berarti garis atau coretan. Adapun pengertian Khat adalah: suatu ilmu yang memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, letak-letaknya dan cara merangkainya menjadi tulisan yang tersusun dengan kaidah kaidah tertentu.

Yaqut Al Musta’shimi, Khattat kenamaan Daulah Abbasiyah mengemukakan tentang definisi khat sebagai berikut:
الخط هندسة روحانية ظهرت بالة جسمانية
“Khat adalah seni arsitektur yang termanifestasikan melalui perangkat kebendaan”

Pendapat tersebut kita temui ketika menulis, bahwa seni khat menggabungungkan visualisasi yang tersimpan dalam otak ketika meniru guru, perasaan keindahan dalam jiwa, dengan perantara peralatan kebendaan seperti pena, tinta dan kertas.

Orang-orang Eropa memakai Istilah “Calligraphy” yang berasal dari bahasa latin Callios yang berarti indah dan Graphos yang berarti tulisan atau aksara untuk menunjukkan indahnya tulisan. Dalam Ensiklopedi Seni Dunia, Kaligrafi adalah; Tulisan yang indah, Seni tulisan yang teratur dan pasti dengan kaidah kaidah seni secara umum.
    
Adapun istilah Husnul Khat (حسن الخط) adalah khusus dipakai untuk seni Khat Islam saja. Sedangkan untuk penulis khat, pada era abad Hijriyah awal, secara khusus digunakan istilah Katib, kemudian menjadi Kuttab, beralih menjadi Warraq baru setelah itu digunakanlah kata Khattat.

Orang orang iran memakai istilah Hoş Nüvis atau Hob Nüvis sebagai pengganti dari kata Khattat. Beda lagi dengan orang orang Turki utsmani yang lebih spesifik lagi menamai para kaligrafer sesuai dengan apa yang mereka tulis; Ta’liq Nüvis untuk mereka yang menulis Khat Ta’liq, Çeb Nuvis untuk mereka yang menulis dengan Khat Diwani, Siyakat-Nüvis untuk penulis khat Siyakat, dan seterusnya.

Sumber: Muhyiddin Serin, Shan’atina Al Khattiyah, Tarikhuha-Lawazimuha-wa adawatuha-namadzijuha, hal. 30.

Penulis: Bukhori Ibnu Athoillah

Berita Terbaru

News

PPDB Pesantren Kaligrafi SAKAL 2024/2025 Telah Dibuka !!! Segera Daftarkan diri Anda

Pesantren Sakal merupakan lembaga pendidikan kaligrafi metode klasik (taqlidi) dengan kurikulum pembelajarannya yang sistematis dan mudah dipelajari, serta pemberian ijazah pada setiap jenis khatnya. Pesantren Sakal selalu menerapkan pembelajaran yang konsisten, turun temurun yang di jaga selalu melalui sanad keilmuan dari para tokoh kaligrafer terdahulu hingga sekarang.

Baca Selengkapnya >>