Sakal Jombang Raih Urutan Ke-3 Pada Perlombaan Iluminasi Mushaf Nasional

Bagikan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Sekolah Kaligrafi Al-Quran (SAKAL) Jombang berhasil meraih prestasi gemilang di perlombaan iluminasi mushaf Al-Quran yang di selenggarakan langsung oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI pada tanggal 13 November 2020 lalu. Berkat kerja keras dan kerja sama tim, mereka berhasil menduduki urutan ketiga dalam perlombaan tersebut.

            Direktur sakal ustadz athoillah, sembari mengaku bangga dengan prestasi yang dapat di capai. Menurutnya, ‘’Sementara ini cukup bagus terutama untuk meningkatkan kemampuan para desainer mushaf Al-Qur’an. Jadi, memang sejak lama hal ini dinanti-nantikan, karena upaya untuk menghidupkan lagi kekayaan ragam hias Nusantara. Yang saat ini mulai luntur terutama diajang-ajang lomba seperti Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ). Kebanyakan peserta yang mengikuti perlombaan dicabang mushaf tersebut menggunakan motif-motif dari luar negeri. Ini bagus sekali untuk membangun kesadaran bahwa Indonesia itu sangat kaya dengan segala unsur ornamen yang ada, bahkan saya sangat yakin bahwa Indonesia lebih kaya dibanding negara-negra yang lain. Dengan terpilihnya ustadz Zainul Mujib dan rekan setimnya mereka memang sejak lama sudah mengeksplorasi ragam hias nusantara, hal ini yang semestinya menjadi pijakan bagi penyelenggara lomba dimasa yang akan datang’’.

            Zainul Mujib selaku ketua tim menuturkan bahwa Karya yang dikerjakan dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan ini memiliki kesan tersendiri, dikarenakan proses pencarian konsep dan ide hingga benar-benar menemukan desain yang harmonis dari satu kesatuan mushaf.

Proses Pengerjaan Design Mushaf

 ‘’Yang jelas, kekompakan team yang paling utama. Karena ini terkait dengan Iluminasi Khas Nusantara, oleh karenanya kita lakukan riset motif-motif nusantara yang terkhusus daerah jombang. Kemudian mengkomunikasikan dengan tim dan membagi job descripsi dengan mempertimbangkan waktu pengerjaannya.’’ Ujar ketua tim

            ‘’Harapan kami kedepannya semoga project pembuatan mushaf jombang dapat terealisasi. Juga turut menjaga dan melestarikan warisan kebudayaan terkhusus pada motif-motif Nusantara,‘’ jelasnya.

Berita Terbaru